Apa Itu SEO ?
Sebagian
besar dari kita pasti sudah mengetahui apa itu #SEO (Search Engine
Optimization). SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh
seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan
visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari,
terutama Google. Halaman website yang memiliki ranking yang baik di halaman
pencarian Google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak
visitor potensial terus menerus secara gratis.
Bila
kita mengetikkan sebuah kata kunci di halaman pencarian Google, kita akan
melihat list website yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Halaman
website/ blog yang teroptimasi dengan baik dan berada pada urutan atas
(posisi 1 – 4) biasanya akan mendapatkan pengunjung lebih banyak
dibandingkan dengan website yang berada di urutan bawah dari hasil pencarian.
Perlu kita perhatikan, yang saya maksud dengan website/ blog yang
teroptimasi dengan baik dari sisi SEO adalah
website yang berada di urutan atas hasil pencarian organik (Organic Search),
bukan website yang memasang iklan di Google (Google Ads). Lihat gambar,
Apa Manfaat dan Keuntungan SEO Bagi Sebuah
Bisnis?
Semua
bisnis pasti harus punya profit, right? Berbagai cara dilakukan pengusaha untuk
meningkatkan keuntungan perusahaan mereka, baik dengan melakukan pemasaran
offline maupun melalui #internet marketing.
Berikut ini adalah beberapa manfaat SEO dalam pemasaran online sebuah
bisnis:
1.
Mendatangkan Trafik Potensial ke Website Bisnis
Seperti
yang disebutkan sebelumnya bahwa halaman website yang teroptimasi dengan baik
dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik juga di mesin pencari,
misalnya #Google.
Semakin baik posisi halaman website Anda di Google maka peluang untuk
mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar.
Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer
bisnis Anda.
Mengapa saya menyebutkan trafik dari Google
adalah trafik potensial? Tidak semua sumber trafik memberikan benefit bagi
bisnis Anda, apalagi bila trafik tersebut berasal dari website-website auto
surf yang memberikan visitor bot ke website Anda. Trafik seperti ini sama
sekali tidak ada gunanya bagi perkembangan bisnis Anda, trust me!
Para
pengguna Google biasanya mengetikkan kata kunci unik ketika
mereka mencari produk yang mereka butuhkan, atau mencari informasi bermanfaat
untuk memberikan solusi pada masalah mereka. Nah ketika mereka menemukan
website bisnis Anda melalui Google yang notabene selalu menampilkan hasil
pencarian berdasarkan kata kunci, maka kemungkinan besar mereka akan menjadi
customer karena mereka menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.
Trafik potensial ini akan datang terus menerus ke website Anda secara gratis
dan akan membantu meningkatkan jumlah customer dan penjualan bisnis Anda.
2.
Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda
Brand Awareness adalah kemampuan calon
pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah merek. Semakin
terkenal sebuah merek pada niche tertentu maka kemungkinan intensitas penjualan
juga akan semakin besar. Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan Brand
Awareness sebuah bisnis. Salah satunya adalah dengan optimasi website di mesin
pencari (SEO).
Ketika pengguna internet mencari
informasi yang berhubungan niche Anda melalui Google dan menemukan informasi
bermanfaat di website Anda maka kemungkinan besar mereka akan mengingat
halaman website yang memberikan informasi berharga tersebut, yaitu website
Anda. Semakin banyak orang yang membuka website Anda dari mesin pencari maka
merek bisnis Anda juga secara otomatis akan semakin terkenal, setidaknya
dikalangan para pengguna internet.
3.
Mendapatkan Data Customer Anda dengan Gratis
Banyak pengusaha online yang bersedia
mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media periklanan
dengan tujuan untuk mendapatkan data kontak (email, nomor ponsel, alamat, dan
lainnya) calon customer ataupun pelanggan setia bisnis mereka. Apa manfaat data
kontak ini? Dengan mengetahui data calon customer maka akan lebih mudah
untuk menghubungi mereka ketika kita mengeluarkan produk baru atau ingin
memberikan penawaran promosi khusus untuk menjual produk lama. Intinya, kita
tetap bisa terhubung dengan customer setiap saat.
Bila website Anda berada pada posisi
teratas di mesin pencari maka akan lebih mudah untuk mendapatkan data
customer tersebut, dan tentu saja gratis. Tentunya kita membutuhkan layanan
lain untuk menyimpan data base customer tersebut, misalnya layanan autoresponder
untuk membangun email list customer kita.
Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat SEO
bagi bisnis Anda, dan menurut saya 3 poin di atas adalah yang paling penting.
Masing-masing orang akan merasakan manfaat SEO bagi bisnis mereka ketika sudah
mengalaminya sendiri, yang pasti bisnis Anda akan lebih stabil jika website
Anda teroptimasi dengan baik di mesin pencari.
Apa
Saja yang Dilakukan Dalam Kegiatan SEO?
Bila
Anda membaca artikel saya sebelumnya, yaitu “200 Faktor yang Mempengaruhi Ranking Website di Google“,
mungkin Anda akan muak atau takut mengerjakan kampanye SEO untuk website Anda
karena terlihat rumit. Tidak harus seperti itu, mari kita buat lebih sederhana
saja. Di dalam strategi SEO, ada dua hal PENTING yang harus dikerjakan
oleh seorang internet marketer, yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page. Yuk kita bahas lebih jauh.
1. Apa
Itu SEO On Page
SEO On Page adalah sebuah upaya optimasi website yang
dilakukan dari sisi website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang
dilakukan oleh seorang pemilik website/ webmaster dengan mendesain website yang
SEO Friendly. Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:
§
Riset keywords, menemukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang paling relevan dengan niche website yang akan dibuat.
§
Membangun website dengan struktur yang
baik, tampilannya menarik, dan load-nya cepat
§
Menggunakan Title Tag yang baik untuk
homepage dan judul konten
§
Menambahkan description yang relevan dengan
website
§
Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens
§
Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
§
Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2,
H3, H4)
§
Mengatur navigasi website sebaik mungkin
§
Membangun internal links
§
Menambahkan keywords pada
penamaan gambar/ image
§
Dan lain-lain
2. Apa Itu SEO Off Page
SEO Off Page adalah upaya optimasi website
yang dilakukan dari luar website yang dibangun. Sebuah halaman website yang SEO
On Page nya sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar website itu
sendiri. Optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links (backlinks)
dari situs lain menuju website yang dioptimasi. Beberapa jenis links yang biasa
dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website di internet antara lain:
§
Links dari media sosial (Twitter, Facebook,
Google+, Youtube, dan lain-lain)
§
Links dari web 2.0 properties (Blogspot,
WordPress, Weebly, dan lain-lain)
§
Links dari forum online (Kaskus, Bersosial,
Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
§
Links dari situs social bookmark (Lintas.me,
Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
§
Links dari kegiatan blogwalking (berkomentar
di blog orang lain)
§
Links dari website yang menerima guest
blogger
§
Dan lain-lain
Nah di atas tadi adalah penjelasan singkat
apa itu SEO, bagaimana penerapannya, dan apa manfaatnya bagi website bisnis
Anda. Optimasi website di mesin pencari adalah proses yang harus kita
lakukan secara berkala karena search engine (terutama Google) selalu
memperbaharui hasil pencarian mereka dan menampilkan website yang paling
relevan dan teroptimasi dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat.
https://www.maxmanroe.com/apa-itu-seo-apa-manfaat-search-engine-optimization-bagi-sebuah-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar